Merdeka Belajar–Kampus Merdeka merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Salah satu program dari kebijakan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka adalah Hak Belajar Tiga Semester di luar Program Studi. Program tersebut merupakan amanah dari berbagai regulasi/landasan hukum pendidikan tinggi dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dan lulusan pendidikan tinggi.


Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dari Pemerintah diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersebut. Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara (Unisnu Jepara) berusaha untuk menyesuaikan kebijakan tersebut di atas dengan mulai merancang dan menerapkan wujud pembelajaran baru di perguruan tinggi sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.


Berbagai bentuk kegiatan belajar di luar perguruan tinggi, di antaranya melakukan magang/praktik kerja di industri atau tempat kerja lainnya, melaksanakan proyek pengabdian kepada masyarakat di desa, mengajar di satuan pendidikan, mengikuti pertukaran mahasiswa, melakukan penelitian, melakukan kegiatan kewirausahaan, membuat studi/proyek independen, dan mengikuti program kemanusiaan. Semua kegiatan tersebut harus dilaksanakan dengan bimbingan dari dosen. Kampus merdeka diharapkan dapat memberikan pengalaman kontekstual lapangan yang akan meningkatkan kompetensi mahasiswa secara utuh, siap kerja, atau menciptakan lapangan kerja baru.


Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman dengan menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian, serta program experiential learning dengan jalur yang fleksibel yang diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan minat dan bakatnya, maka program ini diharapkan dapat menjadi media yang strategis bagi Unisnu Jepara untuk mampu mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasarannya.


Berdasarkan hal tersebut maka Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Inovasi UNISNU Jepara melakukan pengembangan sistem informasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang berbasis Web pada setiap Webside yang ada di Unisnu Jepara.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut : 

Hari/tanggal

:

Kamis, 04 November 2021 

Pukul  

:

09.00 – 15.00 WIB

Tempat

:

Ruang Seminar Pascasarjana Unisnu Jepara

Agenda

:

Pengembangan Sistem Informasi MBKM Berbasis WEB

Narasumber

:

Teguh Tamrin, S.Kom., M.Kom.
 Isa Maulana Nur., S.Kom.