Lulusan perguruan tinggi saat ini dihadapkan pada persaingan yang sangat ketat terlebih dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Lulusan diuji setelah dunia kampus dalam berkarir baik membuka lapangan pekerjaan (entrepreneur) ataupun sebagai karyawan. Tidak sedikit calon wisudawan yang belum memiliki visi ataupun rencana yang jelas terhadap kehidupan pasca kampus. Sehingga terkadang mereka hanya melamar pekerjaan secara asal dan akhirnya terjebak dalam profesi yang tidak diminati. Akibatnya, banyak yang kemudian dengan mudah merasa jenuh dan berpindah-pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain. Juga tidak jarang pula yang berpindah dari satu usaha ke usaha yang lainnya, dalam arti belum memiliki visi dan keyakinan dalam menjalankan usaha.

Berdasarkan Kepmendiknas No 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswabahwa selain kompetensi pada bidang ilmunya (base knowledge), dituntut pula ada kompetensi-kompetensi tambahan. Menurut Sailah Illah (2007) kesuksesan seseorang tidak hanya didukung oleh hardskill (keilmuan) tetapi juga softskill (kecakapan). 

Visi Universitas Islam Nahdlatul Ulama’ “Menjadi Universitas Islam yang unggul dalam pengembangan IPTEK dan Seni Budaya, Cendekia, Berakhlakul Karimah serta berkepribadian Ahlussunnah Wal Jama'ah” memiliki nilai intrinsik bahwa lulusan UNISNU diharapkan tidak hanya unggul secara keilmuan tetapi juga memiliki kecakapan unggulan dan siap bertempat, berusaha, dan berinteraksi dengan siapa saja.

Hari/tanggal

:

Selasa, 23 November 2021 

Pukul  

:

08.00 – 11.30 WIB

Tempat

:

Ruang Seminar Fakultas Sains dan Teknologi dan ZOOM

Agenda

:

Pelatihan Softskill Mahasiswa Calon Wisudawan Angkatan ke 17 Unisnu Jepara

Narasumber

:

Samiadji, S.Sos. (Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi)
Dr. KH. Sofiyan Hadi, MA. (Pengasuh Enterpreneur Al Mawadah Kab. Kudus)