FTIK dan LPPI Unisnu Jepara Bekerjasama Susun RPS

FTIK dan LPPI Unisnu Jepara Bekerjasama Susun RPS

Komponen Rencana Pembelajaran Semester (RPS) pada setiap mata kuliah prodi sangatlah kompleks meliputi CPL, bahan kajian, metode pembelajaran, rencana tugas, instrument penilaian dalam bentuk rubric atau portofolio, bahan ajar dll. Penyusunan rencana pembeajaran semester ini harus sesuai dengan profil lulusan prodi. Banyak format penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang telah diketahui oleh dosen. Oleh karena itu memerlukan penyetaraan format baku yang akan digunakan oleh dosen di UNISNU Jepara.

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Unisnu Jepara bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Inovasi (LPPI) Unisnu Jepara menyelenggarakan kegiatan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) pada Rabu, (23/2) bertempat di Ruang Seminar Pascasarjana Unisnu Jepara.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh dosen FTIK yang akan mengajar di Semester Genap TA. 2021/2022. Sebelumnya, LPPI telah melakukan road show kegiatan yang sama dimulai dari Fakultas Syariah dan Hukum serta Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Kepala LPPI, Drs. Zainul Arifin MA, M.Hum. berharap dosen yang mengajar di Semester Genap TA. 2021/2022 harus siap memenuhi perangkat pembelajaran. “Harapannya, hari ini menimal bisa membuat satu RPS untuk satu dosennya. Jika waktunya tidak mencukupi nanti bias dibuat mandiri oleh dosen” tuturnya.

Dekan FTIK Unisnu Jepara, Drs. Abdul Rozaq, M.Ag sangat mengapresiasi kegiatan kerjasama tersebut. Beliau berharap jalinan kerjasama selalu dibangun antara kedua belah pihak. “Karena memang banyaknya format RPS yang telah diterima oleh dosen, maka memang perlu adanya penyetaraan format baku bagi seluruh dosen di Unisnu. Saya berharap melalui kegiatan ini dapat menghasilkan RPS yang sesuai dengan harapan” tuturnya.

Setelah peserta diajak untuk menyusun RPS salah satu mata kuliah yang diampu, selanjutnya beberapa peserta diminta untuk mempresentasikan RPS yang telah disusun.


LPPI

Komentar