Langkah Awal PPKAI Menjalin Sinergitas Mengawal Alumni Unisnu di Dunia Kerja

Langkah Awal PPKAI Menjalin Sinergitas Mengawal Alumni Unisnu di Dunia Kerja

Jepara – Jumat, 10 September 2021, Pusat Pengembangan Karir, Alumni dan Konseling (PPKAI) merupakan sebuah Pusat Studi baru yang didirikan pada awal bulan Agustus 2021 dibawah payung Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Inovasi (LPPI) Unisnu Jepara. LPPI melalui Pusat Pengembangan Karir, Alumni dan Konseling (PPKAI) Unisnu Jepara melaksanakan audiensi dengan Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DiskopUKMnakertrans) Kabupaten Jepara secara intens, Jumat (10/9/21). 

Bertempat di kantor Dinas DiskopUKMnakertrans Jepara pukul 09.30 WIB, acara diawali dengan pengenalan personil tim LPPI UNISNU Jepara diwakili oleh Kepala PPKAI Unisnu Jepara Dr. Wahidullah, S.H., M.H. Beliau juga menyampaikan bahwa audiensi ini merupakan langkah awal dalam rangka sinergitas program Pengembangan Karir, Alumni dan Konseling dengan stakeholder. Hal ini disambut baik oleh DiskopUKMnakertrans yang diwakili Bu Amrina Rosyida, S.PSi., M.H. selaku Kasie Penta PKK Lattas Jepara.

Kepala PPKAI, Bapak Wahidullah menyampaikan bahwa perlu ada kajian bersama, kerjasama dan koordinasi yang intensif dengan stakeholder mengingat Unisnu setiap tahun mengeluarkan lulusan dan penyaluran lulusan ke dunia kerja.  Bu rina menyampaikan bahwa tenaga kerja Jepara belum siap untuk bersaing dikarena beberapa faktor salah satunnya adalah soft skill. Bu rina juga menyebutkan bahwa lulusan dari Unisnu Jepara juga ada yang bekerja di DiskopUKMnakertrans Jepara selanjutnya bu rina juga mengarahkan kepada Unisnu untuk membuat Bursa Kerja Khusus (BKK). BKK adalah sebuah lembaga yang dibentuk di sekolah/Universitas yang menjadi mitra Dinas yang membidangi ketenagakerjaan sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja. Penyelenggaraan BKK merupakan salah satu kegiatan untuk mengolah dan mengembangakan hasil lulusan agar lebih tearah dalam menentukan karirnya dan menjebatani lulusan khususnya alumni Unisnu Jepara dalam memberikan informasi maupun menyalurkan ke dunia kerja.


Admin LPP

Komentar