LPPI-PPSPI Unisnu Jepara laksanakan Pembekalan, Pelepasan Kampus Mengajar 4 dan Penerimaan Kembali Kampus Mengajar 3

LPPI-PPSPI Unisnu Jepara laksanakan Pembekalan, Pelepasan Kampus Mengajar 4 dan Penerimaan Kembali Kampus Mengajar 3

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Inovasi  (LPPI) melalui Pusat Pengembangan Sistem Pendidikan dan Inovasi (PPSPI) Unisnu Jepara melaksanakan Pembekalan, Pelepasan Kampus Mengajar angkatan ke-4 dan Penerimaan Kembali Kampus Mengajar angkatan ke-3. Jum’at (29/7/2022).

Bertempat di ruang Seminar Pascasarjana Unisnu Jepara, acara dimulai pukul 09:30 sampai dengan pukul 11:00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Unisnu Jepara, kepala LPPI Unisnu Jepara, kepala PPSPI Unisnu Jepara, mahasiswa peserta Kampus Mengajar (KM) angkatan 3 dan 4, serta segenap dosen pembimbing lapangan KM dari Unisnu Jepara.

Kegiatan KM angkatan ke-4 diikuti oleh 35 mahasiswa Unisnu Jepara yang tersebar di 18 lokasi sekolah pada 8 kecamatan di Kabupaten Jepara dan 1 di Kabupaten Demak. Sedangkan peserta penerimaan kembali kampus mengajar angkatan ke-3 diikuti oleh 11 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), dan prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) yang telah melaksanakan program Kampus Mengajar dari tanggal 28 Februari 2022 sampai dengan tanggal 29 Juni 2022.

Pelaksanaan KM angkatan ke-4 akan dimulai pada hari senin, 1 Agustus 2022 sampai dengan hari jum’at, 2 Desember 2022. Adapun peserta KM angkatan ke-4 diikuti terdiri dari 14 mahasiswa dari prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), 10 mahasiswa  dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), 8 mahasiswa dari prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 2 mahasiswa dari prodi Perbankan Syari'ah (PS) dan 1 mahasiswa dari prodi Teknik Sipil (TS). 

Kepala LPPI Unisnu Jepara, Drs. Zainul Arifin MA, M.Hum., dalam sambutanya menyampaikan bahwa, dalam penyelenggaraan KM angkatan ke-4 terdapat 35 mahasiswa Unisnu yang lolos dalam program KM angkatan ke-4 dari 56 mahasiswa yang mendaftar, “ini adalah suatu prestasi yang luarbiasa  sehingga saya bisa menyebutkan sebagai mahasiswa istimewa yang berprestasi, yang nanti akan menjadi duta kampus Unisnu Jepara kepada satuan pendidikannya masing – masing”, ujarnya.

Beliau menambahkan, mahasiswa peserta KM angkatan ke-4 telah mendapat pembekalan dari tim pusat selama hampir 2 minggu, yang berakhir pada tanggal 27 Juni 2022, dan tanggal 28 Juli 2022 sudah dilaksanakan pelepasan Nasional secara luring mulai pukul 09:00 WIB sampai dengan pukul 10:00 WIB, serta pada hari senin, 1 Juli 2022 diadakan pelepasan di Dinas Pendidikan Kabupaten Jepara untuk seluruh peserta KM berjumlah 87 mahasiswa yang penempatan di Jepara dari berbagai perguruan tinggi.

Rektor Unisnu Jepara, Dr. H. Sa'dullah Assa'idi, M.Ag., dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta kegiatan KM angkatan ke-3, yang telah melaksanakan kegiatan  dengan baik dan tentunya akan menjalankan rutinitas  pembelajaran kembali di Unisnu Jepara, “Alhamdulillah, kegiatan KM angkatan ke-3 telah usai, dan telah berjalan dengan baik dan kami ucapkan terimakasih. Dan nantinya akan menjalankan rutinitas pembelajaran kembali di Unisnu Jepara”, ujar beliau. Beliau menambahkan, untuk peserta KM angkatan ke-4 bahwa menjadi guru adalah perbuatan yang sangat mulia, “bagaimana guru adalah orang pertama yang mengamalkan ilmu. Dan ilmu yang diamalkan bersentuhan dari esensi dari dasar manusia yaitu fitrah”, tambahnya.

Kegiatan Pelepasan Kampus Mengajar angkatan ke-4 dan Penerimaan Kembali Kampus Mengajar angkatan ke-3 dilanjutkan dengan testimoni dari peserta KM angkatan ke-3, harapanya agar peserta KM angkatan ke-4 melihat pengalaman mengajar dari KM angkatan ke-3 yang nantinya dapat menjadi contoh pelaksanaan mengajar oleh peserta KM angkatan ke-4. 

Setelah acara testimoni, dilanjutkan dengan pembekalan kode etik pendidik berbasis Aswaja An-Nahdliyyah untuk peserta KM angkatan ke-4. Dengan harapan, mahasiswa peserta KM angkatan ke-4 mampu menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru dengan baik sesuai dengan kode etik pendidik yang berlandaskan nilai – nilai Aswaja An-Nahdliyyah.



LPPI

Komentar