PPSPI - LPPI Selenggarakan Diseminasi Implementasi MBKM

PPSPI - LPPI Selenggarakan Diseminasi Implementasi MBKM

Pusat Pengembangan Sistem Pendidikan dan Inovasi (PPSPI) Unisnu Jepara selenggarakan Diseminasi Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Unisnu Jepara. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Seminar Gedung Fakultas Sains dan Teknologi Unisnu hari Rabu (26/1-2022). Kegiatan ini melibatkan Wakil Rektor 2, Kepala Biro 1 serta PDPSI.

Mewakili Bapak Rektor serta Bapak Wakil Rektor Biro 1, Wakil Rektor 2 Unisnu Jepara Dr. Aida Nahar, S.E., M.Si.,  menyampaikan bahwa Unisnu perlu memperkuat kompetensi mahasiswanya, di mana seharusnya mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih Mata Kuliah Pilihan selama 3 semester. Akan tetapi karena keterbatasan, maka penerapannya pada semester ini akan dibatasi sesuai kemampuan.

Sementara, Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Inovasi, Drs. Zainul Arifin, M.Hum. menyampaikan bahwa Unisnu sudah siap melaksanakan kurikulum berbasis MBKM sejak tahun 2021. 18 Program Studi di Unisnu sudah menyiapkan diri untuk melaksanakan kebijakan dengan adanya kurikulum berbasis MBKM. Program MBKM dengan dana hibah seperti Pertukaran Mahasiswa, Kampus Mengajar dan Magang juga sudah diikuti oleh sebagian mahasiswa. Dan yang tidak kalah penting yaitu pembelajaran 1 semester di luar Program Studi di dalam kampus.

Adapun peserta diskusi meliputi seluruh Dekan, Kepala Program Studi, serta Kepala Tata Usaha.

Acara dibagi menjadi 3 bagian yaitu Panduan Implementasi MBKM oleh Ibu Khalimatus Sadiyah, M.Pd.I selaku Kepala Pusat Pengembangan Sistem Pendidikan dan Inovasi (PPSPI), Sosialisasi Sistem MBKM oleh Bapak Teguh Tamrin, S.Kom., M.Kom. dari PDPSI, dan Teknik Pelaporan di PDDikti yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Sukarno, S.E., M.Si selaku Kepala Biro Bidang 1.


LPPI

Komentar