Tingkatkan Teknik Menulis Buku Ajar Dosen, PPSPI-LPPI Adakan Pelatihan

Tingkatkan Teknik Menulis Buku Ajar Dosen, PPSPI-LPPI Adakan Pelatihan

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Inovasi  (LPPI) melalui Pusat Pengembangan Sistem Pendidikan dan Inovasi (PPSPI) Unisnu Jepara melaksanakan Pelatihan Buku Ajar Based Research untuk peningkatan kompetensi dosen dalam penulisan buku ajar, dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting, pada Kamis (9/06/2022).


Peserta pelatihan adalah dosen internal Unisnu Jepara dan dari eksternal, diantaranya dari Unwahas, Politeknik Negeri Semarang, Unsoed, Undip, dan Umus Brebes. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam penulisan buku ajar sehingga diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, holistik, integratif, saintifik, dan kontekstual. 

Narasumber pelatihan ini adalah Bapak Prof. Dr. Muji Setiyo, ST., MT. dari UNIMMA. Kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan PPSPI-LPPI Unisnu Jepara untuk membekali para dosen dapat menyajikan pertimbangan-pertimbangan agar naskah menjadi layak terbit. Hasil  pelatihan nanti menjadikan peserta pelatihan dapat menerbitkan buku ajar. 


Kepala LPPI, Drs. Zainul Arifin MA, M.Hum.,  menjelaskan bahwa pelatihan buku ajar di Unisnu Jepara sudah beberapa kali dilaksanakan, namun pelatihan penulisan buku ajar based research baru pertama kali dilaksanakan. “Pelatihan buku ajar di LPPI baru pertamakali dilaksanakan, selama kepemimpinan lembaga yang baru, tetapi pelatihan buku ajar sudah beberapa kali dilaksanakan di periode sebelumnya”. Beliau menambahkan, “Pelatihan buku ajar ini sebagai sumber belajar bagi dosen yang hasilnya adalah buku ajar dalam bentuk buku,”  ujarnya. 


Wakil Rektor I Unisnu Jepara, Dr. H. Mahalli, M.Pd., dalam sambutanya  menjelaskan bahwa, sebagai institusi pendidikan, Unisnu Jepara, dalam hal ini PPSPI-LPPI mempunyai tugas yaitu bagaimana acara pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi dosen dalam pembuatan buku ajar. “Sudah seharusnya PPSPI-LPPI mengadakan pelatihan buku ajar ini, sebagai pendongkrak bagi dosen untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam pembuatan buku ajar”.


Buku ajar, di samping sebagai bentuk pertanggungjawaban ilmiah seorang dosen sebagai peneliti, pengabdi kepada masyarakat, serta pendidik juga merupakan bentuk disimilasi ilmiah untuk suatu bidang ilmu. Sebagai salah satu jenis bahan ajar, buku ajar memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses pembelajaran karena dapat menjadi sumber referensi dan materi pengayaan suatu mata kuliah. 

.share{ width: 25px; }

LPPI

Komentar